Sabtu, 04 Februari 2012

Penggalauan

              Akhir-akhir ini kita sering mendengar kata-kata galau. Apa sih sebenarnya yang demaksud dengan galau? Mungkin sebelumnya aku menceritakan beberapa pengalaman pribadiku dulu dan mungkin kita dapat menyimpulkan apa yang dimaksud dengan galau.
            Pengalaman ini aku dapat dari beberapa teman
1.        “Aniiiis, aku galau ....”
                   “ Galau? Kenapa emangnya?”
                   “ Malam tadi aku marahan sama pacarku”
            2.    “ Nis boleh curhat nggak?”
                   “ Boleh dong, ada apa?”
                   “ Aku galau nih, binggung mau masuk universitas mana?”
            3.    “ Niiis”
                   “ Hmm kenapa?”
       “ Aku galau nis. Dia kok memperlakukan aku seperti ini, padahalkan dia udah punya pacar ”
            
             Ya, begitulah cerita teman-temanku yang menggunakan kata galau sebagai kata untuk melambangkan hatinya, atau mungkin kata galau bisa dibilang sebagai ungkapan perasaan seseorang, tapi perasaan yang bagaimana? Sedih?  Bingung?  Atau Gundah?  Aku sempat tanya dengan beberapa orang apa sih yang dimaksud dengan GALAU dan apa apa sih bedanya dengan sedih, bingung, nyesak, kecewa, khawatir,gundah dan putus asa?
Kata mereka : 
Carin : Perasaan campur aduk seperti nano-nano antara sedih senang marah bimbang bingung menjadi satu.
Vina: Perasaan sedih bimbang kecewa yang campur aduk.
Nancy : Perasaaan bimbang dalam menghadapi suatu hal atau masalah.
Kiki : Sedih.
Irma : Perasaan sedih disaat ada masalah dengan pacar atau keluarga.
Zazav : Sedih gundah bingung saat lagi ada masalah.
Emen : Khawatir.
Febby : Perasaan bimbang tapi seiring berjalan waktu berubah arti dari bimbang menjadi rasa yang tak enak untuk dirasakan.
Nadya : Kebingungan yang sangat .
Linda : Saat kamu binggung menentukkan pillihan
Mama dan Papah : Perasaan bingung dan bimbang dalam menentukan suatu pilihan.
            
       Menurut mereka galau adalah perasaan sedih atau binggung. Namun taukah kamu apa arti galau sebenarnya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI )? Ini dia pengertian galau  menurut KBBI
Galau adalah saat pikiran kacau tak keruan
Itulah arti galau sebenarnya, penggunaan kata galau sekarang telah disalah artikan oleh banyak orang. Banyak yang mengartikan galau adalah perasaan sedih akibat kehilangan seorang pacar atau kegagalan cinta atau suatu perasaan sedih yang mendalam.Ada juga yang meanggap galau adalah perasaan yang sulit diungkapkan, yah itu terserah mereka mengartikannya seperti apa. Namun pengartian galau itu sendiri lebih banyak didominasi oleh suatu perasaan yang sedih bukan arti sebenarnya seperti kacau tak keruan. Yah memang sih disaat kita kacau dan bimbang kita pasti sedih namun lebih condong kearti kacau dan bimbang daripada sedih.  Lalu mengapa galau sekarang lebih identik dengan perasaan yang sedih?
Twitter merupakan media yang paling sering digunakan orang untuk berbagi kegalauannya, tetapi mereka salah mengartikan galau. Disaat mereka sedih mereka bilang mereka sedang galau, bahkan banyak akun-akun Twitter yang khusus me-share ungkapan mengenai kegalauan dan tak sedikit juga followers yang me-retweet tweet-tweet mereka. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang menyalahartikan kata galau menjadi ungkapan perasaan yang sedih.
            Perasaan galau bukanlah perasaan yang enak jadi jika kalian melihat teman sedang galau jangan diolok-olok atau malah diganggu tapi kita harus menjadi motivator baginya agar perasaan galaunya menjadi hilang. Namun kalau kita yang sedang menggalami penggalauan bagaimana? Pertama, kalian harus menemukan seseorang untuk menjadi tempat curahan hati kamu dan ceritakan apa yang membuat kamu galau sehingga temanmu bisa memberi semangat dan solusi untuk masalahmu. Tetapi jika kamu masih merasa galau ikuti saja kata Master Penggalauan kita (@Poconggg) Bershowerlah!! Hahahaha

“ Galau adalah perasaan bimbang, bingung dan kacau karena kita dihadapkan suatu pilihan yang sulit dan kita takut untuk mengambil resiko yang akan kita hadapi nanti. ”
Anis Fairizza S.Pg (Sarjana Penggalauan)

2 komentar: